PPKn Sekolah Menengah Atas Dalam hak dan kewajiban warga Negara diatur dalam UUD 1945 salah satu pasal yang menyatakan bahwa segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Dari pernyataan di atas, hal hal apa saja yang perlu dilakukan oleh mahasiswa demi tegaknya bunyi pasal tersebut tanpa ada pengecualiannya, berikan pendapat saudara dan buatnya contohnya menurut saudara.​

Dalam hak dan kewajiban warga Negara diatur dalam UUD 1945 salah satu pasal yang menyatakan bahwa segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Dari pernyataan di atas, hal hal apa saja yang perlu dilakukan oleh mahasiswa demi tegaknya bunyi pasal tersebut tanpa ada pengecualiannya, berikan pendapat saudara dan buatnya contohnya menurut saudara.​

Berdasarkan pernyataan diatas, hal-hal yang harus dilakukan oleh Mahasiswa untuk menegakan kesamaan kedudukan dalam hak dan kewajiban berdasar UUD 1945 yaitu menjalankan fungsi Mahasiswa sebagai guardian of value (penjaga nilai-nilai) dan sebagai social control dalam hal ini untuk menajag segala bentuk penyimpangan dari dirampasnya hak masyarakat. Contoh tindakan yang dapat di lakukan oleh mahasiswa yaitu:

  • Mencari terkait fakta kebenaran yg berada di dalam segala bentuk kebijakan yang di keluarkan oleh Pemerintah.
  • Melakukan audiensi dengan Pemerintah dan Lembaga terkait apabila ditemukan bentuk penyimpangan.

Pembahasan

Menurut Sarwono, Mahasiswa adalah setiap orang yang secara terdaftar untuk mengikuti pelajaran di sebuah perguruan tinggi dengan batasan umur sekitar 18 – 30 tahun. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya, karena adanya ikatan dengan suatu perguruan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa merupakan orang yang termasuk ke dalam status siswa di dalam Perguruan Tinggi yang memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan bernegara, hal ini dapat dilihat dari fungsi mahasiswa itu sendiri, yaitu:

  1. Fungsi mahasiswa sebagai agent of change, dalam hal ini merupakan fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan dimana Mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan ilmunya untuk melakukan sebuah inovasi perubahan yang berkemajuan.
  2. Fungsi mahasiswa sebagai iron stock, dalam hal ini merupakan fungsi mahasiswa sebagai penerus pemimpin di lingkup masyarakat.
  3. Fungsi mahasiswa sebagai social control dalam hal ini merupakan fungsi mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat dengan pemerintah.
  4. Fungsi mahasiswa sebagai moral force, dalam hal ini merupakan fungsi mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai moral yang ada di dalam masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang fungsi mahasiswa pada https://brainly.co.id/tugas/16927981

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]